Pengelolaan Pengajaran Praktik Instrumen Mayor Melalui Praktik Individual di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta

Agustianto, Agustianto (2012) Pengelolaan Pengajaran Praktik Instrumen Mayor Melalui Praktik Individual di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustianto-01735009.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengelolaan pengajaran instrumen mayor di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul; 2) faktor-faktor yang mendukung terlaksananya pengelolaan pengajaran instrumen mayor di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul; 3) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru, peserta didik dalam pengelolaan praktik instrumen mayor di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru praktik instrumen pokok, peserta didik, petugas bagian perlengkapan/peralatan, petugas bagian perpustakaan, dan pegawai bagian tata usaha dan pengajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta menyimpulkan:(menjelaskan dan memverifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan pengajaran praktik instrumen mayor di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul dilaksanakan dengan memperhatikan kemampuan setiap individu, walaupun dilaksanakan secara bersama-sama didalam kelas. Pemberian bahan/materi disesuaikan dengan kemampuan peserta didik namun masih berpedoman pada silabi yang ditetapkan sekolah; 2) Faktor-faktor yang mendukung terlaksananya pengelolaan pengajaran praktik instrumen mayor di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul yaitu tersedianya ruang khusus praktik bagi instrumen, di samping instrumen musik itu sendiri perlu dimiliki oleh peserta didik, tersedianya buku-buku serta kaset musik yang berkaitan dengan praktik instrumen, serta guru-guru yang terampil dalam penguasaan praktik instrumen; 3) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pengajaran praktik instrumen antara lain jumlah instrumen tidak sebanding dengan jumlah peserta didik yang belum memliki instrumen sehingga pelaksanaan pengajaran belum maksimal, beberapa guru yang memberikan instruksi praktik instrumen tidak memberikan contoh bermain, dan buku-buku yang tersedia masih belum begitu lengkap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: praktik instrumen mayor, praktik individual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 16 May 2016 07:48
Last Modified: 16 May 2016 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32706

Actions (login required)

View Item View Item