Andry, Febriansah (2016) IMPLEMENTASI KURIKULUM TEKNIK SEPEDA MOTOR HONDA (KTSM Honda) KELAS T. S1 thesis, UNY.
|
Text
ANDRY FEBRIANSAH 10504249001.pdf Download (61MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda (KTSM Honda) pada jurusan Sepeda Motor di SMK MA’ARIF 1 Wates dilihat dari faktor perencanaan KTSM Honda yang dilakukan oleh sekolah dan implementasi KTSM Honda yang dilakukan oleh guru produktif jurusan Teknik Sepeda Motor. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian campuranantarapenelitinkualitatifdankuantitatifdiSMK Ma’arif 1 Wates jalan Puntodewo, Gadingan, Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ketua jurusan Teknik Sepeda Motor dan 5 (lima) orang guru mata pelajaran produktif jurusan Teknik Sepeda Motor (termasuk ketua jurusan teknik sepeda motor) serta 31 (tiga puluh satu) orang siswa jurusan Teknik Sepeda Motor.Pengumpulandata dilakukandenganmetodeobservasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:1)Perencanaan Kurikulum SMK Ma’arif 1 Wates ialah dengan memahami KTSM Honda. Tingkat pemahaman guru tentang KTSM Honda ini sudah baik disusul dengan sarana dan prasarana yang ada sudah memadai.Dalam penyusunan Silabus dan RPP masih ada 40% guru yang belum mempersiapkannya pada awal semester. 2) Implementasi KTSM Honda oleh guru produktif jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Ma’arif 1 Wates dalam kegiatan pembelajaran dibagi dalam tiga kegiatan pokok, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran mendapatkan score 58,74 atau mendapatkan nilai dengan rata-rata 3 yang masuk dalam kategori “Cukup”.Media yang digunakan adalah LCD, black board, white board, laptop,alat peraga dan komponen sepeda motor. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan praktek.Bahan ajar yang digunakan didapat dari buku-buku mengenai Honda seperti Manual Book motor-motor Honda, part catalog motormotor Honda dan sumber lain yang berkaitan dengan pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan dengan penilaian kelas, yang dilaksanakan dengan ulangan harian, ujian Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester teori maupun praktek, tugas kelompok dan individu, keaktifan siswa dan uji kompetensi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Implementasi Kurikulum |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 May 2016 07:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32705 |
Actions (login required)
View Item |