PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INVENTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA

Rahmat, Riyadi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INVENTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rahmat Riyadi 06503241013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL INVENTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN YOGYAKARTA Tujuan penelitian ini eksperimen yang diberi perlakuan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada Program Studi Keahlian Teknik Mesin Yogyakarta. Penelitian ini nonequivalent control group design Program Studi Teknik Mesin Di berjumlah 1 kelas yang dibagi menjad Kelas pertama yaitu eksperimen yang berjumlah 15 siswa, dan kelas kedua Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan data kemampuan awal siswa. Selanjutnya siswa diberi hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. uji beda, yaitu independent sample t hipotesis adalah data hasil belajar yang diperoleh dari nilai Berdasarkan uji statistik dengan dilakukan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas II MC Program Studi Te Yogyakarta dengan menggunakan modul dengan kelas kontrol dengan Perbedaan hasil praktik praktik Inventor antara kelas eksperimen 75,26. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Inventor antara siswa kelas eksperimen siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan modul Kata kunci: Hasil Belajar vii ABSTRAK Oleh: Rahmat Riyadi NIM. 06503241013 adalah untuk mengetahui perbedaan an modul inventor dengan kelas kontrol. Selain itu menggambar inventor di SMK Muhammadiyah Prambanan nelitian adalah penelitian quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas II SMK Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta menjadi 2 kelompok dengan jumlah siswa yang diberi perlakuan menggunakan modul yaitu kontrol yang berjumlah 14 orang. pretest untuk memperoleh posttest untuk mengetahui sil Hipotesis diuji dengan menggunakan t-test. Data yang digunakan untuk posttest. independent sample t belajar menggambar Teknik Mesin Di SMK Muhammadiyah Prambanan Inventor sebagai kelas eksperimen berbeda ontrol thitung > ttabel (29,121 > 1,703) pada taraf signifikan 5 % menggambar Inventor dapat dilihat dari selisih dan kelas kontrol yaitu � � perbedaan hasil belajar yang menggunakan modul Inventor. Belajar, Modul, Inventor antara kelas siswa kelas II dengan model MC yang 29 orang. Inventor . menguji t-test yang telah Inventor %. rerata nilai � 81,19 > � � � menggambar Inventor

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 May 2016 03:34
Last Modified: 30 Jan 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32693

Actions (login required)

View Item View Item