LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Arif Fajar Romadhon, Arif Fajar Romadhon (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover , daftar isi, dan abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Fix.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru pembimbing yang sebenarnya di sekolahan. Adapun kelas yang harus diberikan layanan adalah kelas X, XI,dan XII. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. PPL ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Gadean 5 Ngupasan, Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan PPL berlangsung, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk memfasilitasi proses bimbingan konseling. Program yang dilaksanakan antara lain bimbingan klasikal, membuat program pelaksanaan PPL, bimbingan kelompok, administrasi beasiswa, pengumpulan data melalui DCM (Daftar Cek Masalah), MLM (Media Lacak Masalah) dan sosiometri yang dijadikan sebagai dasar layanan bimbingan dan konseling pada siswa. Melaksanakan konseling individu, layanan informasi maupun orientasi dengan pembuatan poster motivasi. Program kerja PPL berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan. Layanan bimbingan klasikal mampu dilakukan sebanyak empat kali walaupun tidak ada jam masuk kelas. Bimbingan kelompok dilaksanakan tiga kali, konseling individual dilaksanakan tiga kali serta pembuatan poster motivasi. Pegumpulan DCM (Daftar Cek Masalah) dan MLM (Media Lacak Masalah) pada kelas X dengan total lima kelas. Sedangkan sosiometri pada kelas XI sejumlah tiga kelas. Selain itu ada program tanbahan seperti, Tes Potensial Akademik (TPA), jadwal jaga piket, membantu administrasi sekolah, persiapan dan pelaksanaan HUT (Hari Ulang Tahun) SMA Negeri 10 Yogyakarta dan persiapan pelaksanaan akreditasi sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 May 2016 03:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32688

Actions (login required)

View Item View Item