Pengaruh Motivasi Belajar Serta Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK N 2 Wonosari

Rahmat, Hidayat (2016) Pengaruh Motivasi Belajar Serta Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di SMK N 2 Wonosari. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rahmat Hidayat 07502241006.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SERTA SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PROGRAM STUDI ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK N 2 WONOSARI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar serta sarana dan prasarana pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada kompetensi keahlian Elektronika Industri di SMK N 2 Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI elektronika Industri di SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Pengujian instrumen penelitian yang dipakai menggunakan uji validitas isi dan konkuren serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi berganda. Dari hasil teknik analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana pembelajaran secara bersama-sama terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa SMK N 2 Wonosari Program Studi Elektronika Industri kelas X dan kelas XI yang ditunjukan dengan koefisien korelasi kelas X sebesar rx1y= 0,463 dan koefisien korelasi kelas XI sebesar rXI1y = 0,766; dan diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,325 dengan p-value = 0,011 < 0,05 pada kelas X dan pada kelas XI, nilai Fhitung sebesar 21,680 dengan p-value = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa apabila siswa memiliki Sarana dan Prasarana pembelajaran dan Motivasi Belajar yang tinggi maka akan dapat berdampak positif terhadap tingginya Kemandirian Belajar dalam diri siswa. Kata kunci : motivasi, elektronika , kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 May 2016 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32687

Actions (login required)

View Item View Item