Ajeng Priharsanti, Ajeng Priharsanti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
0. COVER F4.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
1. HALAMAN JUDUL_F4.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
3. KATA PENGANTAR_F4.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_F4.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK_F4.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I, II, III_F4.pdf Download (461kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling di Sekolah merupakan salah satu kegiatan latihan yang bersifat intrakurikuler sehingga harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan ketrampilan dan pemahaman mahasisiwa mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh seorang guru pembimbing. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Pelaksanaan program PPL di SMA N 10 Yogyakarta dimulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan berlangsung, praktikan melaksanakan berbagai program kerja yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi siswa serta sebagai fasilitator dalam membantu siswa memecahkan permasalahan yang dialami. Selain itu, program kerja juga bertujuan untuk menambah pengalaman mahasiswa mengenai praktik secara nyata dalam memberikan pelayanan koseling maupun bimbingan kepada siswa. Program kerja yang dilaksanakan dalam PPL di SMA N 10 Yogyakarta dimulai dari kegiatan pengumpulan data DCM, MLM dan Sosiometri. Kemudian berdasarkan analisis data tersebut dilakukan praktik pemberian layanan yang sesuai, baik bimbingan klasikal, kelompok maupun konseling individual yang tersusun menjadi layanan dasar dan layanan responsif. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL, disusun untuk untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya serta untuk mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam menangani berbagai tugas sebagai calon guru pembimbing khususnya dan tenaga kependidikan pada umumnya, mengatur program bimbingan dan konseling, dan memberikan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah sehingga menghasilkan input dan output yang baik.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Bimbingan dan Konseling, SMA 10 |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 16 May 2016 02:59 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32683 |
Actions (login required)
View Item |