PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART PADA PEMBELAJARAN MENJAHIT ROK LIPIT HADAP BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI DI SMALB N PEMBINA YOGYAKARTA

Ningsih, Rahayuni (2016) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART PADA PEMBELAJARAN MENJAHIT ROK LIPIT HADAP BAGI SISWA TUNAGRAHITA KELAS XI DI SMALB N PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rahayuni Ningsih - 10513241029.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan media flipchart pada pembelajaran menjahit rok lipit hadap bagi siswa tunagrahita kelas XI di SMALB N Pembina Yogyakarta, 2) mengetahui kelayakan media flipchart pada pembelajaran menjahit rok lipit hadap bagi siswa tunagrahita kelas XI di SMALB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Penelitian dan pengembangan ini melalui 5 tahapan, yaitu; 1) analisis produk yang akan dikembangkan 2) mengembangkan produk awal 3) validasi ahli dan revisi 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian dilaksanakan di SMALB N Pembina Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah 1 orang siswa tunagrahita kelas XI sebagai subyek uji coba lapangan skala kecil dan 3 orang siswa sebagai subyek uji coba lapangan skala besar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini berupa; 1) media flipchart dengan materi menjahit rok lipit hadap pada mata pelajaran keterampilan tata busana kelas XI di SMALB N Pembina Yogyakarta. Media flipchart terdiri dari 13 lembar, menggunakan bahan spunbond warna biru dengan ukuran 100 cm x 80 cm yang disatukan menggunakan ring, dilengkapi dengan benda model tiga dimensi, berupa contoh langkah-langkah menjahit rok lipit hadap, dengan skala 1 : 2, berwarna orange dilekatkan pada media flipchart menggunakan perekat, tulisan dan gambar ditempelkan pada flipchart dengan cara dijahit, 2) kelayakan media flipchart pada pembelajaran menjahit rok lipit hadap, berdasarkan penilaian ahli media diperoleh jumlah skor hasil 54 dengan interval nilai 27 ≤ S ≤ 54, sehingga dinyatakan layak, ahli materi menyatakan layak dengan jumlah skor hasil 78 berada pada interval nilai 39 ≤ S ≤ 78, berdasarkan uji lapangan skala kecil media flipchart dinyatakan layak dengan jumlah skor hasil 60 berada pada interval nilai 50 ≤ S ≤ 64 dan berdasarkan uji coba lapangan skala besar diperoleh jumlah skor hasil 213 dengan interval nilai 195 ≤ S ≤ 240, sehingga media flipchart dinyatakan sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media flipchart, menjahit rok lipit hadap, siswa tunagrahita
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 May 2016 02:36
Last Modified: 04 Mar 2019 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32677

Actions (login required)

View Item View Item