LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R. W. Monginsidi No. 2A Yogyakarta 55233UD

Furika Tri Jayanti, Furika Tri Jayanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Jl. R. W. Monginsidi No. 2A Yogyakarta 55233UD. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
--PEND BAHASA DAN SASTRA INDONESIA_12201244045_FURIKA TRIJAYANTI--.pdf

Download (102MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/tenaga pendidik. Kegiatan PPL ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan di semua universitas, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kesempatan ini, saya memperoleh kesempatan untuk melaksanakan PPL di SMK N 3 Yogyakarta. SMK Negeri 3 Yogyakarta beralamat di Jl. R. W. Monginsidi No. 2A Yogyakarta yang berlangsung selama 5 minggu, yaitu sejak 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL mencakup praktik mengajar dan non mengajar. Praktik mengajar secara kondusif dilaksanakan sejak tanggal 11 Agustus hingga 10 September 2015 dengan mengajar baik secara mandiri maupun terbimbing di kelas XI TL 1, XI KR 1, XI TP 4, XI MM, XI KR 3, dan XI KJ. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan, dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum, komputer, dan LKS. Adapun kegiatan yang termasuk non mengajar antara lain membantu administrasi guru dan membimbing lomba LKS Bahasa Indonesia. Praktik mengajar dapat berjalan lancar meskipun terdapat sedikit kendala pada awal kegiatan, yaitu sulitnya mengondisikan salah satu kelas. Akan tetapi, kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan musyawarah antara mahasiswa PPL, guru pembimbing, dan DPL. Sehingga, pada pertemuan selanjutnya kelas sudah dapat dikondisikan. Secara keseluruhan, proses PPL mahasiswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta berjalan lancar. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini, diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha bagi Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut kontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan bagi sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, namun juga transfer of vakue. Keberadaan mahasiswa PPL UNY diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan pendidikan Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMK Negeri 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 May 2016 02:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32673

Actions (login required)

View Item View Item