LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA

Eva Zuniana Nurohmah, Eva Zuniana Nurohmah (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD NEGERI LEMPUYANGAN 1 JL. TUKANGAN NO.6 TEGAL PANGGUNG, DANUREJAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU Eva Zuniana Nurohmah_12108241099.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. PPL dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangan 1. SD Negeri Lempuyangan 1 beralamat di Jl. Tukangan No. 6 Yogyakarta. Kurikulum masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). SD terdiri dari 18 kelas. Ada 3 kelas parallel yaitu A, B, dan C pada masing-masing tingkatan kelas. Ada beberapa fasilitas di SD, selain bagunan yag terdiri dari 2 lantai, juga ada beberapa ekstrakulikuler, diantaranya pramuka, futsal, dan marching art. Untuk tari, merupakan SBK dari kelas 3. Dalam perencanaan program PPL, dilaksanakan dengan di awali persiapan, penjelasan dan penyusunan jadwal. PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Dalam tahap PPL yaitu persiapan, penerjunan, pelaksanaan, dan hasil analisis, Persiapan merupakan pengajaran micro dan observasi. Tahap selajutnya yaitu pembekalan dan penerjunan. Setelah diterjunkan, membuat jadwal praktik. Dalam pelaksanaannya, pertama menyusun RPP dan perangkat mengajar, praktk mengajar, praktik persekolahan, dan analisis data. Praktik mengajar dilaksanankan 6 kali. Praktik persekolahan, khususnya mendampingi tari dan marchin art. Secara keseluruhan hampir semua program terlaksana sesuai dengan perencanaan meskipun adanya hambatan-hambatan. Keberhasilan PPL dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa itu sendiri. Dampak positif bagi mahasiswa adalah melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan, menghayati permasalahan yang ada di sekolah, serta menerapkan ilmu pembelajara di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pelaksanaan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 May 2016 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32652

Actions (login required)

View Item View Item