LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT UTARA YOGYAKARTA JALAN PATTIMURA NO 4B KOTABARU YOGYAKARTA

Alvira Pranata, Alvira Pranata (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT UTARA YOGYAKARTA JALAN PATTIMURA NO 4B KOTABARU YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang pengalaman bekerja di sebuah lembaga.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan memberikan pelatihan dan pengalaman belajar yang berhubungan dengan masyarakat, khususnya di dunia pendidikan. PPL ini dilaksanakan tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di UPT Utara yang berlokasi di Jalan Pattimura no 4B Kotabaru Yogyakarta. meliputi kegiatan verifikasi data, pendataan, dan administrasi TK dan SD yang masuk di wilayah UPT Utara baik negeri maupun swasta.Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan di UPT Pengelola TK dan SD Wilayah Utara meliputi kegiatan verifikasi data KMS,Rekap Data KMS, Verifikasi Surat Masuk, Pendataan Jumlah Guru Pensiunan, Verifikasi data standarisasi Haraga Barang Dan Jasa , pendataan, dan administrasi TK dan SD yang masuk di wilayah UPT Utara baik negeri maupun swasta. dan kegiataan PPL ini juga mengadakan suatu Penelitian PPL yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan 1 gugus sekolah yang masuk di wilayah UPT utara yaitu sekolah yang berda di Kecamatan Danurejan untuk mencari data tentang Implementasi Sertifikasi Guru SD di Wilayah UPT Utara. Kegiatan PPL ini mengarahkan mahasiswa kepada dunia kerja yang nyata. Mengenai penggunaan ilmu dan pengetahuan yang didapat selama kuliah untuk bekal di dunia kerja. Gambaran mengenai dinamika dunia kerja telah didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan PPL ini. PPL yang dilaksanakan ini selain memberikan pengalaman kerja, juga memberikan pengalaman pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan oleh Mahasiswa. Penelitian yang dilakukan di sekolah membuat mahasiswa lebih mengerti keadaaan nyata yang terjadi di sekolah, mulai dari adminitrasinya, program atau kegiatan untuk memajukan kualitas guru, meningkatkan kesejahteraan guru, menjadi guru yang profesional. Penelitian yang telah dilaksanakan ini membuat mahasiswa belajar bagaimana merumuskan kebijakan yang baik di dalam dunia pendidikan . Akhir dari proses penelitian ini juga menyadarkan mahasiswa bahwa setiap kebijakan yang dilaksanakan membutuhkan evaluasi untuk mendapatkan hasil terbaik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan,kerja di dunia pendidikan dan pelaksaan persiapan penelitian . Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Secara keseluruhan, Kegiatan PPL terlaksana dengan lancar dan memberikan banyak manffat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, PPL UPT Utara, Penelitian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 May 2016 01:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32647

Actions (login required)

View Item View Item