LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT TIMUR YOGYAKARTA JALAN TAMANSISWA NO 04 YOGYAKARTA

Galuh Retno Nugraheni, Galuh Retno Nugraheni (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI UPT TIMUR YOGYAKARTA JALAN TAMANSISWA NO 04 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12110244013 - Galuh Retno Nugraheni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu kegiatan pembelajaran dimana mahasiswa diberikan bentuk pendidikan secara langsung turun ke lapangan, bentuk pendidikan ini memberikan efek positif kepada mahasiswa untuk bisa berlatih dan berlatih berhubungan secara langsung dengan dunia kerja yang nyata. Praktik Pengalaman Lapangan mengupayakan kepada mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan kegiatan ini yang berupa materi yang didapatkan dari proses perkuliahan dan ketrampilan mahasiswa dalam berkerja. Praktik Pengalaman Lapangan ini diharapkan mampu menjadikan calon tenaga kependidikan yaitu mahasiswa untuk memiliki ketrampilan yang berkualitas dalam dunia kerja secara nyata. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT Timur yang beralamat di Jalan Tamansiswa No. 04 Yogyakarta dan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus hingga 12 September 2015. Kegiatan PPL ini meliputi perekapan data, pengecapan, distribusi surat undangan, verivikasi, pencetakan dan pengadministrasian TK dan SD di wilayah UPT Timur. Praktik Pengalaman Lapangan ini secara langsung memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang dinamika dan masalah yang ada dalam dunia kerja khususnya di bidang kependidikan. Kegiatan lain yang dilakukan oleh mahsiswa yaitu penelitian, dimana penelitian tersebut dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini membuat mahasiswa mengetahui kebijakan sekolah dalam meningkatkan kreativitas anak di sekolah, kegiatan siswa di sekolah, dan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan penelitian ini memberikan rekomendasi juga untuk dunia pendidikan guna membuat kebijakan yang membuat siswa menjadi kreativ dan berprestasi di bidang non akademik. Dari keseluruhan kegiatan PPL dan penelitian di sekolah bisa berjalan lancar dan memberikan banyak informasi yang bermanfaat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UPT Timur, Mahasiswa, Penelitian
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 May 2016 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32645

Actions (login required)

View Item View Item