HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA, PRESTASI MATA PELAJARAN PRODUKTIF, DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN SMKN 2 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Aan, Lukman Amrulloh (2016) HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA, PRESTASI MATA PELAJARAN PRODUKTIF, DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN SMKN 2 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Aan Lukman Amrulloah 06505241018.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KELENGKAPAN SARANA PRASARANA, PRESTASI MATA PELAJARAN PRODUKTIF, DAN BIMBINGAN DI INDUSTRI TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA PROGRAM KEAHLIAN BANGUNAN SMKN 2 PENGASIH KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh : Aan Lukman Amrulloh NIM. 08505241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelengkapan sarana prasarana sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran sesuai permendiknas Nomor 40 Tahun 2008 tentang Sarana prasarana SMK; (2) nilai rata – rata mata pelajaran produktif siswa program keahlian bangunan SMK Negeri 2 Pengasih dalam menunjang kegiatan Prakerin; (3) intensitas bimbingan di industri siswa kelas XII program keahlian teknik bangunan SMK Negeri 2 Pengasih; (4) seberapa besar hubungan prestasi mata pelajaran produktif dan bimbingan di industri dengan prestasi Prakerin siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini termasuk penelitian populasi, dengan jumlah 91 dari siswa kelas XII program keahliian teknik bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi dan wawancara. Validitas instrumen melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan Alpha Conbranch. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan: (1) sarana prasarana program keahlian teknik bangunan dalam kategori tinggi dengan nilai 86,18; (2) nilai mata pelajaran produktif siswa masuk kategori tinggi yaitu dengan nilai rata - rata 81,96 pada interval kedua dalam rentang 75,10 - 89,99; (3) intensittas bimbingan siswa ketika prakerin dalam kategori cukup dengan nilai rata - rata 67,84 pada interval ketiga dalam rentang 60,00 - 75,00; (4) hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif antara prestasi belajar mata pelajaran produktif dan bimbingan di industri dengan prestasi prakerin sebesar ARy(1,2)= 0,588, koefisien determinan AR2 y(1,2)= 0,323. Kata kunci:mata pelajaran produktif, prakerin, bimbingan industri, sarana prasarana

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 13 May 2016 00:39
Last Modified: 13 May 2016 00:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item