Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Berbasis Konstruktivisme yang Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Tabalong

Sumiatinor, Sumiatinor (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Berbasis Konstruktivisme yang Terintegrasi dengan Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Tabalong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumiatinor-10706259037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran menulis berbasis konstruktivisme yang terintegrasi dengan pendidikan karakter siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Tabalong. Perangkat yang dikembangkan ini ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi lima tahap. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Tanta dan SMPN 4 Tanjung di Kabupaten Tabalong. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk ahli dan praktisi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi karakter siswa, angket karakter siswa, angket respon siswa, angket penilaian guru, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran menulis berbasis konstruktivisme yang terintegrasi dengan pendidikan karakter untuk siswa SMP di Kabupaten Tabalong adalah sebagai berikut. (1) Prosedur pengembangan yang digunakan melalui lima tahapan, yaitu studi pendahuluan, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Panduan Guru, Buku Pegangan Siswa, dan Tes Hasil Belajar. (3) Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik. (4) Kepraktisan pada uji coba terbatas mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 80%, angket penilaian guru 144 poin kategori sangat baik. Pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 88%, angket penilaian guru 155 poin kategori sangat baik dan angket respon siswa baik pada uji coba terbatas maupun uji coba lapangan menunjukkan 100% siswa memberikan respon minimal baik. (5) Keefektifan ditinjau dari hasil observasi karakter siswa, angket karakter siswa dan hasil pretest dan postest pada uji coba yang dilaksanakan menunjukkan ada peningkatan rata-rata 53,34% dengan ketuntasan belajar 80% pada uji coba terbatas dan peningkatan rata-rata 42,42% dengan ketuntasan belajar 84,84% pada uji coba lapangan. Berdasarkan pengamatan aktivitas siswa yang relevan dengan pengembangan karakter pada uji coba terbatas maupun uji coba lapangan menunjukan peningkatan karakter siswa disetiap pertemuan. Berdasarkan angket karakter yang diisi siswa sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan pada uji coba terbatas menunjukkan 86,86% siswa memenuhi kategori minimal baik, pada uji coba lapangan 93,93% siswa mencapai kategori minimal baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran menulis, pembelajaran konstruktivisme, pendidikan karakter
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 10:08
Last Modified: 01 Dec 2022 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32636

Actions (login required)

View Item View Item