Analisis Materi Membaca dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Jenjang SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Kontekstual

Rahayu, Sriwuritani (2012) Analisis Materi Membaca dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Jenjang SMP Kelas VII Berbasis Pendekatan Kontekstual. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sriwuritani-rahayu-10706259010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penyebaran SK dan KD, (2) muatan komponen pendekatan kontekstual, dan (3) keterkaitan antarkomponen muatan pendekatan kontekstual dalam materi membaca BSE bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Analisis konten. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui pembacaan dan pencatatan yang cermat terhadap dokumen materi membaca dalam tiga BSE bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ketekunan pembacaan dan pencatatan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas data dan validitas semantik. Sumber data penelitian ini adalah tiga BSE bahasa Indonesia jenjang SMP kelas VII, yang meliputi (1) Aktif Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII, (2) Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII, dan (3) Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Penyebaran SK dan KD dalam materi membaca ketiga BSE secara umum merata dan sesuai dengan SK dan KD dalam Kurikulum 2006, (2) Muatan komponen pendekatan kontekstual yang ditemukan dalam materi membaca ketiga BSE bahasa Indonesia SMP kelas VII secara umum sudah memuat komponen pendekatan kontekstual yakni konstruktivisme, inkuiri, pemodelan, masyarakat belajar, dan penilaian otentik. Namun, untuk muatan komponen refleksi sama sekali tidak dimuat dalam BSE Aktif Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII dan BSE Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Sementara itu, dalam materi membaca BSE Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama komponen refleksi sudah dimuat. (3) Komponen-komponen pendekatan kontekstual dalam materi membaca ketiga BSE bahasa Indonesia SMP kelas VII memiliki keterkaitan, artinya hubungan antarkomponen pendekatan kontekstual dalam materi membaca sudah berintegrasi. Keterkaitan ini ditandai dengan adanya kesamaan aspek-aspek materi membaca yang terdapat dalam komponen-komponen tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: materi membaca, Buku Sekolah Elektronik (BSE), pendekatan kontekstual, bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 09:49
Last Modified: 30 Nov 2022 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32635

Actions (login required)

View Item View Item