Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dan Tipe Roundtable dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Recount Siswa SMP Kelas VIII

Ariani, Putri (2012) Keefektifan Model Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dan Tipe Roundtable dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Recount Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-putri-ariani-10706259021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan model cooperative learning tipe think-pair-share dalam pembelajaran menulis teks recount, 2) keefektifan model cooperative learning tipe roundtable dalam pembelajaran menulis teks recount, dan 3) model pembelajaran yang lebih efektif antara think-pair-share dan roundtable dalam peningkatan kompetensi menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental. Desain eksperimental yang digunakan adalah Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini ada dua macam, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran, serta variabel terikat yang berupa kompetensi menulis teks recount. Model pembelajaran yang digunakan adalah cooperative learning tipe think-pair-share dan roundtable. Teknik penyampelan yang digunakan adalah simple cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian melalui metode nontes berupa penugasan menulis teks recount. Instrumen penelitian yang digunakan lembar penilaian menulis. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity) dengan dikonsultasikan kepada ahli (expert judgement). Teknik antar-rater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment correlation. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Lavene test. Teknik analisis data menggunakan Anava satu jalan yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menulis teks recount dengan model cooperative learning tipe think-pair-share efektif, 2) pembelajaran menulis teks recount dengan model cooperative learning tipe roundtable efektif, dan 3) model cooperative learning tipe think-pair-share lebih efektif dari tipe roundtable, dalam peningkatan kompetensi menulis teks recount.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, cooperative learning, think-pair-share, roundtable, teks recount
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 09:16
Last Modified: 30 Nov 2022 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32632

Actions (login required)

View Item View Item