PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA SMP

TESSARANI, YUTIKA (2016) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan memecahkan masalah; (2) pengaruh pendekatan SETS terhadap keterampilan proses IPA; dan (3) pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis desain penelitian pretest-posttest nonequivalent-control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2015/ 2016, yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling karena sampel yang diambil berasal dari kelompokkelompok, bukan individu-individu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan SETS dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan CTL. Data kemampuan memecahkan masalah diperoleh dari pretest dan posttest, sedangkan data keterampilan proses IPA diperoleh melalui lembar observasi keterampilan proses IPA. Analisis data yang digunakan adalah uji Manova. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig. pada bagian Hotelling’s trace dan besarnya pengaruh pendekatan SETS pada masing-masing variabel berdasarkan nilai sig. dan adjusted R squared pada tabel Test of Between-Subjects Effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah sebesar 15%; dan (2) pendekatan SETS berpengaruh terhadap keterampilan proses IPA sebesar 42,7%; (3) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses IPA siswa SMP sebesar 57,7%, sedangkan 42,3% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: kemampuan memecahkan masalah, keterampilan proses IPA, pendekatan SETS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 May 2016 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item