TESSARANI, YUTIKA (2016) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN KETERAMPILAN PROSES IPA SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan memecahkan masalah; (2) pengaruh pendekatan SETS terhadap keterampilan proses IPA; dan (3) pengaruh pendekatan SETS terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses IPA siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis desain penelitian pretest-posttest nonequivalent-control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2015/ 2016, yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling karena sampel yang diambil berasal dari kelompokkelompok, bukan individu-individu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan SETS dan pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan CTL. Data kemampuan memecahkan masalah diperoleh dari pretest dan posttest, sedangkan data keterampilan proses IPA diperoleh melalui lembar observasi keterampilan proses IPA. Analisis data yang digunakan adalah uji Manova. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai sig. pada bagian Hotelling’s trace dan besarnya pengaruh pendekatan SETS pada masing-masing variabel berdasarkan nilai sig. dan adjusted R squared pada tabel Test of Between-Subjects Effects. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah sebesar 15%; dan (2) pendekatan SETS berpengaruh terhadap keterampilan proses IPA sebesar 42,7%; (3) pendekatan SETS berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan proses IPA siswa SMP sebesar 57,7%, sedangkan 42,3% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: kemampuan memecahkan masalah, keterampilan proses IPA, pendekatan SETS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 16 May 2016 07:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32627 |
Actions (login required)
View Item |