PENGEMBANGAN MODUL BUSANA ANAK UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Rachmawati, Sartika Dewi (2016) PENGEMBANGAN MODUL BUSANA ANAK UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RACHMAWATI SARTIKA DEWI 0951245001.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul yang diharapkan mampu memberikan manfaat terhadap pembelajaran praktek busana anak serta untuk mengetahui kelayakan dari modul bebe anak sebagai bahan ajar di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksankan di SMK Negri 6 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development. Tahapan penelitian dan pengembangan dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk, 4) uji validitas ahli, 5) revisi produk, 6) uji coba kelompok kecil, 7) revisi, 8) pengambilan data pada sampel. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli media. Untuk uji lapangan dilakukan dengan uji coba kecil dengan 10 orang siswa dan pengambilan data dilakukan pada 36 siswa. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa produk modul busana anak dengan materi diambil disesuaikan dengan silabus, menunjukkan bahwa modul yang sesuai digunakan pada Kompetensi Dasar Busana Anak SMK N 6 Yogyakarta yaitu modul pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kriteria media modul pembelajaran meliputi judul, kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, prosedur mengikuti pembelajaran, soal-soal latihan, serta evaluasi atau penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam pembelajaran. Modul di uji validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli evaluasi, dan guru. Kriteria validasi modul oleh ahli media menyatakan “layak” dengan porsentase 100%; ahli materi menyatakan “layak” dengan porsentase 100; Kelayakan modul dinilai oleh siswa dalam uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa modul telah memenuhi standar kelayakan yaitu dengan kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor 37 dan persentase 60%. Sedangkan pada pengambilan data pada sampel nyata menyatakan bahwa modul telah memenuhi standar kelayakan yaitu dengan kriteria “sangat baik” dengan rata-rata skor 32,8 dan persentase 74%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, busana anak dan kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 16 May 2016 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32623

Actions (login required)

View Item View Item