Analisis Unsur Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta

Normawati, Normawati (2012) Analisis Unsur Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-normawati-10706251037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Wujud unsur pendidikan karakter, (2) bentuk integrasi unsur pendidikan karakter, dan (3) teknik penyampaian unsur pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berwujud kajian tekstual. Sumber data penelitian ini adalah buku teks kelas VII, VIII, dan IX di DIY. Penyampelan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling dengan menetapkan 15 buku teks. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan dan pencatatan dengan menekankan pada wujud, integrasi, dan teknik penyampaian unsur pendidikan karakter. Analisis data dilakukan dengan metode padan subjenis inferensial. Validitas data dengan validitas semantik sedangkan reliabilitas data dengan teknik intrarater dan interater. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Unsur pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia SMP di DIY ditemukan terdiri atas lima hubungan karakter. Kelima hubungan karakter tersebut meliputi nilai karakter manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama, lingkungan, dan bangsa. Di antara kelima hubungan karakter dalam buku teks pelajaran, hanya hubungan karakter manusia terhadap Tuhan yang paling sedikit ditemukan. Di pihak lain, karakter kepedulian terhadap diri sendiri dan sesama lebih intensif kemunculannya. Hal ini menyiratkan bahwa penulis buku ingin menekankan pada aspek manusianya yang memiliki kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. (2) Wujud unsur pendidikan karakter terintegrasi ke dalam empat komponen pembelajaran berbahasa dan bersastra, yakni komponen menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun, secara keseluruhan integrasi unsur pendidikan karakter dalam buku teks terlihat lebih dominan pada komponen keterampilan membaca dan menulis. Dominannya integrasi pendidikan karakter dalam keterampilan membaca dan menulis karena penulis buku teks melihat bahwa dalam keterampilan membaca dan menulis bahan yang sama dapat dibaca berkalikali atau berulang-ulang. (3) Teknik penyampaian unsur pendidikan karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia terdiri atas dua bentuk, yakni bentuk tersurat dan bentuk tersirat. Bentuk tersurat lebih dominan terdapat pada buku-buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas VII, sedangkan bentuk penyampaian secara tersirat lebih dominan terdapat pada buku-buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII dan kelas IX. Hal ini menyiratkan bahwa penyusun buku teks melihat aspek kognitif, perkembangan jiwa peserta didik dalam menyusun buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, buku teks, bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 07:47
Last Modified: 30 Nov 2022 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item View Item