PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Sulistyawati, Rina (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11401244038.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn siswa kelas VII MTsN Maguwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Maguwoharjo Yogyakarta. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, di peroleh kelas VII B (kelas kontrol) sebanyak 29 siswa sedangkan kelas VII D (kelas eksperimen) sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes, angket keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keterampilan berpikir kritis siswa terdapat pengaruh signifikan pada probabilitas 0,05 dilihat dari nilai Sig (2-tailed) atau p value 0,001 < 0,05 dan t tabel < t hitung ditunjukkan dengan 2,000 < 3,459 dan untuk prestasi belajar siswa menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pada probabilitas 0,05 dilihat dari nilai Sig (2-tailed) atau p value 0,000 < 0,05 dan t tabel < t hitung ditunjukkan dengan 2,000 < 3,829. Hal itu berarti metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa serta prestasi belajar siswa. Kata kunci : role playing, keterampilan berpikir kritis, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 12 May 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32606

Actions (login required)

View Item View Item