FENOMENA KETERTARIKAN MASYARAKAT TERHADAP BATU AKIK TAHUN 2014-2016(STUDI DI DESA GENDARAN, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN, JAWA-TIMUR)

YUSTIKA, NINDYA (2016) FENOMENA KETERTARIKAN MASYARAKAT TERHADAP BATU AKIK TAHUN 2014-2016(STUDI DI DESA GENDARAN, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN PACITAN, JAWA-TIMUR). S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12413244010.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Fenomena trend batu akik memang sudah ada sejak dahulu. Namun, dahulu tidak begitu sepopuler sekarang. Trend batu-batu perhiasan di akhir tahun 2014 hingga kini semakin marak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Ketertarikan batu akik ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat kita. Banyak faktor yang melatarbelakangi masyarakat tertarik terhadap batu akik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena trend batu akik yang ada di masyarakat serta faktor-faktor yang melatarbelakangi masyarakat tertarik terhadap batu akik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, terdiri dari pembeli dan penjual batu akik. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan fenomena batu akik menarik banyak perhatian masyarakat baik dari kalangan tua, muda, wanita maupun pria. Fenomena ketertarikan terhadap batu akik ini ditandai dimana di kalangan masyarakat bermunculannya toko/kios/pedagang yang melayani asah akik dan jual beli akik, masyarakat rela membeli batu akik dengan harga yang tidak murah lagi dan cukup merogoh uang yang cukup banyak hanya untuk mendapatkan batu akik yang mereka inginkan, Bahkan di Pacitan sendiri ada aturan atau himbauan dari pemerintah daerah Pacitan bahwa PNS yang ada di kabupaten Pacitan di wajibkan untuk memakai batu akik sebagai ciri khas dari kota Pacitan itu sendiri serta adanya tokoh yang pernah berpengaruh pada kala itu yaitu bapak SBY memberi hadiah untuk presiden Barack Obama batu bacan yang merupakan salah satu batu khas dari Pacitan, mulai sejak itulah masyarakat tertarik terhadap batu akik. Banyak dari masyarakat yang bukan penggemar batu, tetapi memiliki ketertarikan atau minat terhadap batu akik sendiri. Fenomena batu akik ini sendiri memiliki sisi positif untuk kalangan masyarakat. Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa trend batu akik tidak akan akan mati. Masyarakat tertarik terhadap batu akik ini tidak lepas dari adanya faktor-faktor yang melatarbelakangi, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor Internal: 1) bagus untuk dijadikan sebagai perhiasan; 2) batu akik memiliki nilai seni; 3) nilai jual batu akik tinggi; 4) dijadikan souvenir. Faktor eksternal: 1) adanya pengaruh dari tokoh yang pernah berpengaruh; 2) hanya ikut-ikutan; 3) mengikuti trend. Kata Kunci: Trend, Ketertarikan, Batu Akik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 12 May 2016 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item View Item