Ratnasari, Maharani Tri Ayu (2016) Efektiitas Penggunaan Metode Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammdiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. S1 thesis, FIS.
|
Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12406244016.swf - Published Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kurang optimal yang disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah dengan penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih efektif dilihat dari prestasi belajarnya, jika dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) bagi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Muntilan kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI IPS 3 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI IPS 4. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi metode Think Pair Share, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai thitung 4.533, sedangkan untuk nilai ttabel =2.074 dengan df=64 dan taraf kepercayaan 95% (tarif signifikan 0.05). Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (95% df=64). Hasil tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode Think Pair Share dengan yang tidak menggunakan metode Think Pair Share. Sedangkan hasil menggunakan effect size diketahui 0.9 atau dapat diperesentasekan sebesar 82 % yang merupakan kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Think Pair share lebih baik dibandingkan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan metode Think Pair share. Kata kunci: Metode Think Pair share, Pembelajaran Sejarah, efektivitas.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
| Date Deposited: | 12 May 2016 01:01 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 07:51 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
