PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI KABUPATEN PURWOREJO

Setiawan, Pambayun Hari (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI IIS DI SMA NEGERI KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12405241021.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning; (2) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning pada siswa dengan gaya belajar visual; (3) Perbedaan hasil belajar geografi antara model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning pada siswa dengan gaya belajar auditori; (4) Interaksi model dan gaya belajar terhadap pencapaian hasil belajar geografi. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian ini siswa kelas XI di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 7 Purworejo dengan sampelnya siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 Purworejo dan siswa kelas XI IIS 2 SMA N 7 Purworejo. Teknik sampling pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Validitas instrumen dihitung dengan program ITEMAN dan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan reliabilitas instrumen dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Analisis data hasil penelitian dengan One-way Anova (pihak kanan) pada signifikansi 0,05. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar geografi dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model Inquiry Based Learning (81,06 > 79,86) dengan F 7,300 nilai p 0,006; (2) pada siswa dengan gaya belajar visual hasil belajar geografi dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan model Inquiry Based Learning (82,31 > 79,27) nilai p 0,044; (3) pada siswa dengan gaya belajar auditori hasil belajar geografi dengan model Problem Based Learning lebih rendah dibandingkan model Inquiry Based Learning (78,90 < 80,21) dengan nilai p 0,044 (4) terdapat interaksi model dan gaya belajar terhadap pencapaian hasil belajar geografi dengan F 8,865 nilai p 0,018.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 12 May 2016 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32597

Actions (login required)

View Item View Item