LAPORAN PPL LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA

Pradana, Ramadhan Hadi (2015) LAPORAN PPL LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ramadhan Hadi P_Pend.Fisika Inter_12316244017_Laporan PPL_SMA PIRI_2015.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Dalam hal ini penyusun melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Program PPL meliputi beberapa kegiatan, antara lain: persiapan mengajar, observasi kelas, pembuatan perangkat pembelajaran (RPP) dan kisi-kisi penilaian, praktik kegiatan belajar mengajar, membuat media pembelajaran, dan penilaian. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar dan merupakan salah satu syarat untuk mengikuti PPL. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X-A, X-B, dan XI IPA. Metode mengajar yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran berupa media papan tulis, spidol, proyektor, neraca, beban, serta peralatan lain yang menunjang pelaksanaan kegiatan praktikum. Harapan yang ingin dicapai adalah mahasiswa dapat menambah pemahaman dan penghayatan tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga. Memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner, sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah, klub, atau lembaga. Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pembelajaran dan pendidikan yang ada di sekolah, klub, atau lembaga. Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Kegiatan Praktik Mengajar, Lingkungan Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 00:56
Last Modified: 15 Oct 2019 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32596

Actions (login required)

View Item View Item