LAPORAN PRAKTIK PNGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jl.Kemuning No.14 Baciro Yogyakarta 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

A.R.Dirgantara Putra, A.R.Dirgantara Putra (2015) LAPORAN PRAKTIK PNGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2015 LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA Jl.Kemuning No.14 Baciro Yogyakarta 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
A.R.Dirgantara Putra_Pend.Fisika Inter_12316244013_laporan PPL_SMA PIRI_2015.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari oleh mahasiswa di lapangan. Dengan pengalaman mengajar di kegiatan PPL ini harapannya mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga untuk diintegrasikan kelak ketika telah bekerja di dunia pendidikan. Sebelum kegiatan PPL dilaksanakan, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pembekalan PPL agar mahasiswa memiliki gambaran awal dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain pembekalan PPL, mahasiswa melaksanakan observasi di sekolah. Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa memahami kekurangan dan kelebihan calon peserta didik yang diajar kelak ketika sudah terjun di lapangan. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan Bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, pengguanaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan prilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu mata pelajaran Fisika. Untuk pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jam guru pembimbing. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa di lapangan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan menyangkut observasi dalam kelas, mengajar dan evaluasi. Praktik mengajar dilakukan sebanyak 6 kali di kelas XI IPA yang dimulai dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Setiap pertemuan berdurasi 2 jam pelajaran (satu jam pelajaran 45 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktek mengajar, praktek pengalaman lapangan, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 00:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32592

Actions (login required)

View Item View Item