Efektivitas Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Godean

Hardiyanti, Dian Febi (2016) Efektivitas Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Godean. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241050m.swf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text
Skripsi Full 12416241050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean yang menggunakan metode Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan menggunakan metode Jigsaw serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan metode Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Godean. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Godean. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII B dan VIII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t (independent samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean yang menggunakan metode Student Facilitator and Explaining dibandingkan dengan menggunakan metode Jigsaw. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode Student Facilitator and Explaining lebih efektif terhadap hasil belajar IPS dibandingkan dengan metode Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 12 May 2016 00:39
Last Modified: 30 Jan 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item