LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA (Sebagai tugas pertanggungjawaban kegiatan PPL BK UNY 2015)

FATMASARI WIDYASTUTI, FATMASARI WIDYASTUTI (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) BIMBINGAN DAN KONSELING LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA (Sebagai tugas pertanggungjawaban kegiatan PPL BK UNY 2015). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Individu.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Bimbingan dan Konseling di SMA PIRI 1 Yogyakarta ini dibuat bertujuan sebagai pertanggungjawaban Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) BK UNY 2015 di sekolah pada tanggal 10 Agustus - 12 September 2015 yang berisi tentang pelaksanaan PPL BK yaitu berupa praktek persekolahan, praktek Bimbingan dan Konseling di sekolah, serta hambatan pelaksanaan PPL dan cara mengatasinya. Praktek persekolahan merupakan praktek yang meliputi tugas-tugas non Bimbingan dan Konseling seperti tugas piket TU, piket perpustakaan, melakukan program-program kegiatan di sekolah seperti upacara hari senin, pengajian pada pagi hari, dan sebagainya. Praktek Bimbingan dan Konseling di sekolah berisi kegiatan-kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah yang dapat dilaksanakan serta hasil yang dicapainya dari masing-masing kegiatan oleh mahasiswa/praktikan. Hambatan pelaksanaan PPL pasti selalu ada dalam setiap kegiatan PPL yang membuat praktikan tidak sepenuhnya dapat memaksimalkan tugasnya sebagai mahasiswa praktikan PPL misalnya terkendalanya mahasiswa praktikan untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam praktek persekolahan yaitu piket TU karena mahasiswa praktikan harus diminta selalu siap sedia berada di Ruang BK. Namun ada sisi positifnya karena mahasiswa praktikan mampu lebih fokus bertugas memenuhi tugasnya melaksanakan praktek Bimbingan dan Konseling yang dapat dilaksanakan di sekolah. Padarealisasinyakegiatanberjalansesuaidengan yang telah direncanakan. Layanan bimbingan klasikal mampu dilakukan sebanyak lima kali. Konseling kelompok masing-masing satu kali serta satu kali konseling individual dan konferensi kasus yang dilakukan sebanyak satu kali. Praktik layanan aplikasi instrumen dilakukan melalui analisis DCM pada kelas XA dan XI IPA ,dan sosiometri pada kelas XA, XI IPS, XII IPS sejumlah tiga kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 00:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32586

Actions (login required)

View Item View Item