LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA JALAN KEMUNING 14 BACIRO 11 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015

Ilham Budisantoso, Ilham Budisantoso (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA JALAN KEMUNING 14 BACIRO 11 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover dll.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA PIRI 1 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Kemuning 14 Baciro. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA PIRI 1 Yogyakarta, praktikan mengajarkan materi Ekonomi kelas X A, X B, dan XI IPS semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA PIRI 1 Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 11 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA PIRI 1 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X A, X B, dan XI IPS. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke-3 dan 4, hari Selasa jam ke-7 dan 8, hari Kamis jam ke-5 dan 6, dan hari Sabtu jam ke-5dan 6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 12 May 2016 00:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32585

Actions (login required)

View Item View Item