Keefektifan Metode Suggestopedia dalam Pembelajaran Menyimak Sastra dan Berita Siswa Kelas VIII SMP Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Mursidah, Mursidah (2012) Keefektifan Metode Suggestopedia dalam Pembelajaran Menyimak Sastra dan Berita Siswa Kelas VIII SMP Sabilal Muhtadin Banjarmasin. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mursidah-10706259016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran menyimak kurang mendapat perhatian di sekolah karena kurang bervariasi metode yang digunakan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah suggestopedia. Metode suggestopedia belum diketahui keefektifannya dalam pembelajaran menyimak berita dan novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menyimak berita siswa yang menggunakan Metode Suggestopedia dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, dan (2) perbedaan kemampuan menyimak kutipan novel siswa yang menggunakan Metode Suggestopedia dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Data berupa hasil tes kemampuan menyimak novel dan menyimak berita. Data diperoleh dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan Metode Suggestopedia dan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Metode Suggestopedia yang digunakan adalah hasil adaptasi. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA dan VIIIC SMP Sabilal Muhtadin yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa tes objektif untuk kemampuan menyimak novel dan berita. Instrumen telah diujicobakan di SMP Negeri 10 Banjarmasin dengan alpha 0.906 untuk soal menyimak berita dan alpha 0.871 soal menyimak novel. Analisis data menggunakan teknik uji-t, dan untuk menunjukkan keefektifan metode digunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menyimak berita yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Metode Suggestopedia dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (sig (p) = 0.00 < 0.05) dan; (2) terdapat perbedaan kemampuan menyimak kutipan novel yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Metode Suggestopedia dengan peserta didik yang diajar dengan metode konvensional, (sig (p) = 0.00 < 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak novel dan berita menggunakan Metode Suggestopedia lebih efektif dibandingkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: suggestopedia, menyimak, berita, novel
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 08:02
Last Modified: 30 Nov 2022 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32577

Actions (login required)

View Item View Item