PEMETAAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK PADA GURU MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI DIY

Shidiq, Cahyo Nugroho (2016) PEMETAAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK PADA GURU MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI DIY. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Shidiq Cahyo Nugroho_12505244015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PEMETAAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK PADA GURU MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI DIY Oleh: Shidiq Cahyo Nugroho Nim. 12505244015 Abstrak Tujuan penelitian ini adalah (1) Memetakan tingkat pemahaman guru SMKN di DIY tentang prinsip-prinsip Penilaian Otentik, (2) Memetakan tingkat kemampuan guru SMK di DIY dalam merencanakan Penilaian Otentik, (3) Memetakan tingkat kemampuan guru SMK di DIY dalam melaksanakan Penilaian Otentik. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru paket keahlian teknik bangunan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menjadi sekolah uji coba (piloting) implementasi kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah guru paket keahlian teknik bangunan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 11 responden diambil dengan Teknik Purposif Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert 0 sampai 3, dengan skor 0 adalah sangat rendah dan 3 adalah tinggi. Data dikumpulkan dengan angket terbuka dan analisis yang digunakan adalah diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan (1) Tingkat pemahaman guru SMK di DIY tentang Penilaian Otentik termasuk kategori sedang dengan pencapaian 74,00%. jika dijabarkan kompetensi sikap termasuk kategori sedang, kompetensi pengetahuan termasuk kategori tinggi, dan kompetensi keterampilan termasuk kategori tinggi; (2) Tingkat kemampuan guru SMK di DIY dalam merencanakan Penilaian Otentik termasuk kategori sedang dengan pencapaian 66,67%. Jika dijabarkan kompetensi sikap termasuk kategori sedang, kompetensi pengetahuan termasuk kategori sedang, dan kompetensi keterampilan termasuk kategori sedang; (3) Tingkat kemampuan guru SMK di DIY dalam melaksanakan Penilaian Otentik termasuk kategori sedang dengan pencapaian 64,33%. Jika dijabarkan kompetensi sikap termasuk kategori sedang, kompetensi pengetahuan termasuk kategori sedang, kompetensi keterampilan termasuk kategori sedang Kata kunci : Pemetaan,Penilaian Otentik,Daerah Istimewa Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 May 2016 07:04
Last Modified: 30 Jan 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32573

Actions (login required)

View Item View Item