WAHYU WIJI , , ASTUTI (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN KIMIA BAGI SISWA KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2006/2007. S1 thesis, UNY.
Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF.docx Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia dan rninat belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelaiaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti pembel~jaran dengan menggunakan metode caramah-tanya jawab, jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalil:an secara statistik. Penelitian ini merupakan penclitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel dsm satu kovariahcl. I'poulasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri () Purworejo tahun ajarun 2006/2007 yang berjumlah 150 siswa dan terbagi dalam 4 Was. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive cluster sampling, dengan cara diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen (A2) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (A]). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian I jalur (anakova). Berdasarkan hasil Uji anakova diperoleh harga Fo = 94,513 dan p = 0,000, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, jika pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik. Hasil uji t menunjukkan tidak ada perbedaan yang signiftkan pada minat belajar kimia antar siswa kel.rs eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji t sama subjek menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada minat belajar kimia antar siswa kelas eksperimen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 18:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3257 |
Actions (login required)
View Item |