KEMITRAAN ANTARA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 DEPOK DENGAN DUNIA INDUSTRI

Pramono, Husodo (2016) KEMITRAAN ANTARA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 DEPOK DENGAN DUNIA INDUSTRI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pramono Husodo 11505244020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KEMITRAAN ANTARA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 DEPOK DENGAN DUNIA INDUSTRI Oleh: Pramono Husodo 11505244020 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi kegiatan kemitraan antara Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Depok dengan industri yang selama ini sudah berjalan, (2) mengidentifikasi kendala apa saja yang dihadapi dalam menjalin kemitraan antara Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Depok dengan dunia industri, (3) mengajukan alternatif pengembangan kegiatan kemitraan yang melibatkan dunia industri berdasarkan identifikasi dan analisis yang sudah dilakukan agar lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mencakup tiga tahap yaitu: (1) tahap deskripsi, (2) tahap reduksi/fokus dan (3) tahap seleksi. Narasumber dalam penelitian terdiri atas guru dan siswa Jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Depok, serta praktisi industri di bidang bangunan yang menjadi mitra dalam kegiatan di sekolah. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen. Teknik analisis data mencakup reduksi data, menampilkan data dan verifikasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Kegiatan kemitraan dengan dunia industri yang sudah berjalan di Jurusan Bangunan SMKN 2 Depok yaitu Praktik Kerja Industri (Prakerin), Magang, Ujian Praktik Kejuruan, kunjungan industri, guru tamu, pembekalan Prakerin, pelatihan teknologi mutakhir dan rekrutmen karyawan. (2) Kendala pada Prakerin dan Magang adalah kurangnya perhatian industri terhadap siswa serta bidang pekerjaan di industri yang kurang relevan dengan jurusan siswa. Pada Ujian Praktik Kejuruan adalah jumlah printer yang terbatas untuk digunakan oleh siswa. Pada kunjungan industri adalah keaktifan siswa dan tempat kunjungan industri yang cenderung berada di luar daerah sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar. Pada pelatihan teknologi mutakhir adalah adanya instruktur yang kurang kompeten dan waktu yang terlalu lama. Pada pembekalan Prakerin adalah praktisi industri tidak selalu diundang oleh sekolah untuk memberikan materi dan motivasi kepada siswa. (3) Kegiatan yang melibatkan industri dapat dikembangkan dengan meningkatkan kualitas kegiatan yang sudah berjalan. Perlu pengembangan kemitraan dengan BUMN untuk tempat Prakerin atau Magang siswa. Pengembangan pada Ujian Praktik Kejuruan adalah dengan menambah jumlah printer. Kunjungan industri sebagai kegiatan wajib bagi siswa. Guru tamu dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin setiap tahun. Pembekalan Prakerin perlu secara rutin menghadirkan praktisi industri sebagai narasumber. Rekrutmen karyawan dikembangkan dengan meningkatkan ketertiban. Kata kunci: SMK Jurusan Teknik Bangunan, kemitraan SMK dengan dunia industri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 May 2016 06:53
Last Modified: 30 Jan 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32568

Actions (login required)

View Item View Item