PEMETAAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN DASAR KEAHLIAN (C1) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK (PO)

DEVI, MEGARUSTI PRATIWI (2016) PEMETAAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN DASAR KEAHLIAN (C1) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK (PO). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Devi.Megarusti Pratiwi 12505244010.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PEMETAAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN DASAR KEAHLIAN (C1) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN OTENTIK (PO) Oleh DEVI MEGARUSTI PRATIWI 12505244010 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangai oleh permasalahan kemampuan guru mata pelajaran dasar keahlian (C1) SMKN program keahlian teknik bangunan di DIY yang kurang dalam memahami, merencanakan, dan melaksanakan PO dalam implementasi kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan guru dalam memahami PO, (2) tingkat kemampuan guru dalam merencanakan PO, (3) tingkat kemampuan guru dalam melaksanakan PO, (4) Fasilitasi dari sekolah, (5) Fasilitasi dari pihak pemerintah (nasional/lokal) dalam implementasi kurikulum 2103. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru pada SMKN Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jumlah total 17 guru, yang menjadi sekolah uji coba (piloting) implementasi kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel guru yang ditetapkan pada penelitian ini yaitu dengan teknik purposive sampling, yang diambil masing-masing 1 (satu) orang guru untuk setiap Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian (C1), sebagai wakil dari program keahlian Teknik Bangunan SMKN D.I.Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang menggunakan Skala Likert dengan skor hambatan tertinggi 3 dan skor hambatan terendah 0. Data dikumpulkan dengan angket terbuka, angket tertutup, dan dokumen (RPP). Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru tentang konsep PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata ( X ) sebesar 21,64 termasuk kategori “paham”, (2) kemampuan guru dalam merencanakan PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata ( X ) sebesar 6,55 termasuk kategori “sudah menyusun sebagian dan tidak mengalami kesulitan”, (3) kemampuan guru dalam melaksanakan PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata ( X ) sebesar 27,09 termasuk kategori “sudah melakukan sebagian penilaian otentik dan tidak mengalami kesulitan”, (4) fasilitasi dari sekolah didapatkan Nilai Rerata ( X ) sebesar 13,25 termasuk kategori “tersedia tetapi kelengkapan/kuantitas dan kualitasnya belum memadai”, (5) fasilitasi dari pihak pemerintah (nasional/lokal) didapatkan Nilai Rerata ( X ) secara kualitatif sebesar 19,33 termasuk kategori “cukup memadai”. Kata kunci : PO dalam implementasi kurikulum 2013, dasar keahlian (C1)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 May 2016 06:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32560

Actions (login required)

View Item View Item