LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 LOKASI : SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jalan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta

Ayu Dien Islamiyati, Ayu Dien Islamiyati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 10 Agustus – 12 September 2015 LOKASI : SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA Jalan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Biologi Internasional_Ayu Dien Islamiyati_12317244011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Pelaksanaan PPL tersebut telah memberikan pengalaman kepada praktikan dalam hal pembelajaran dan pengembangan serta pengaplikasian ilmu pengetahuan. PPL UNY di SMA N 2 Yogyakarta adalah salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. SMA N 2 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dipilih oleh Universitas Negeri Yogyakarta menjadi lokasi PPL terpadu. SMA Negeri 2 Yogyakarta yang beralamat di Jl. Bener Tegalrejo, Yogyakarta memiliki fasilitas yang cukup lengkap dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA N 2 Yogyakarta tahun 2015 ini. Program PPL dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan pertengahan bulan September 2015. Kegiatan PPL dilakukan di kelas XI dengan mengajar mata pelajaran Biologi. Kegiatan PPL dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain konsultasi dengan guru pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan, penulis telah melakukan kegiatan mengajar sebanyak 29 kali tatap muka, baik pemberian materi pembelajaran maupun evaluasi pembelajaran atau selama 58 jam mengajar di 3 kelas yaitu PMIA 1, XI PMIA 2 dan XI PMIA 3. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu penulis mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Penulis telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi. Selain itu juga memperoleh pengalaman factual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi penulis untuk mengembangkan dirinya sebagai tenaga pendidik yang professional

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pengalaman, Pembelajaran, Pendidik, Profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 May 2016 05:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item