LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015

Yanuar Wahyu Sari Budiasih, Yanuar Wahyu Sari Budiasih (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA PERIODE 10 AGUSTUS s.d 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bahasa Inggris_Yanuar Sari Budi Asih_12202241031.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu mata kuliah wajib yang akan ditempuh oleh semua mahaasiswa jurusan kependidikan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mata kuliah Micro Teaching yang telah dilaksanakan satu semester sebelumnya. Pada tahap awal pelaksanaan PPL diadakan pembekalan PPL yang ikuti seluruh mahasiswa PPL agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPl di sekolah. Tahap selanjutnya mahasiswa diberikan tenggang waktu untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL. Pada tahap ini mahasiswa berkesempatan untuk mengobservasi beberapa hal yang menyangkut pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi carta membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siswa, teknik bertanya, teknik penugasan kelas, penggunaan media, bentuk atau cara evaluasi, serta menutup pelajaran, dan juga mengamati perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Penulis mengajarkan sesuai bidang keahilan yakni Bahasa Inggris dengan pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk ditiap kelasnya. Adapun beberapa tahan pra-mengajar seperti mencari bahan materi ajar, penyusunan RPP dan pembuatan media pembelajaran yang menunjang kegiatan belajar mengajar dikelas. RPP yang dibuat disesuaikan dengan arahan dari guru pembimbing. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 17 kali mengajar dengan rincian: 9 kali mengajar pada minggu pertama di kelas X dengan kegiatan tatap muka sebanyak 3 kali pertemuan, 2 kali mengajar pada minggu kedua di kelas XII dengan kegiatan tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan, dan 6 kali mengajar pada minggu ketiga di kelas X dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan.dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman dalam pembelajara nyang sebenarnya di dalam kelas beserta beberapa permasalahan kependidikan di sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, mengajar, RPP, Bahasa Inggris
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 May 2016 05:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item