Pengembangan Media Kartun untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Yuza, Nova Selvia (2016) Pengembangan Media Kartun untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nova-selvia-yuza-13708251127.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media kartun fisika pada materi kesetimbangan benda tegar, (2) mengetahui kelayakan media kartun fisika pada materi kesetimbangan benda tegar, dan (3) mengetahui apakah media kartun fisika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg dan Gall. Metode penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan media kartun fisika hasil pengembangan, sedangkan kelompok kontrol menerapkan pembelajaran tanpa media kartun fisika. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi, serta tes untuk mengetahui perbedaan minat belajar dan hasil belajar siswa. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli (materi dan media), dua orang guru Fisika, serta tiga orang teman sejawat. Uji statistik multivariat (MANOVA) digunakan untuk menganalisis perbedaan rata-rata minat belajar dan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) media kartun fisika pada materi kesetimbangan benda tegar. (2) Pada tahap validasi oleh ahli media dan materi media kartun dinilai “sangat baik” pada semua aspek penilaian, oleh guru Fisika dan teman sejawat dinilai “sangat baik” pada aspek materi dan penyajian, dan “baik” pada aspek bahasa/keterbacaan. (3) Analisis perbedaan skor rata-rata minat belajar dan hasil belajar melalui uji multivariat (MANOVA) menghasilkan nilai signifikansi 0,025 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dalam test of between-subjects effects menyatakan tingkat signifikansi variabel minat belajar antara kelas kontrol dan eksperimen adalah 0,494, sedangkan tingkat signifikansi untuk variabel hasil belajar adalah 0,006. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa pembelajaran dengan media kartun hasil pengembangan menghasilkan perbedaan rata-rata minat belajar dan hasil belajar siswa, dengan deskripsi bahwa impelemntasinya tidak dapat membuat perbedaan yang signifikan pada minat belajar, tetapi signifikan pada hasil belajar siswa dalam fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media kartun, minat siswa, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2016 03:09
Last Modified: 09 May 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32552

Actions (login required)

View Item View Item