Penanaman Kesadaran Sejarah dan Sikap Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Banggai

Lamato, Sinyo A. (2016) Penanaman Kesadaran Sejarah dan Sikap Nasionalisme Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Banggai. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sinyo-a-lamato-14718259003.swf

Download (18MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) realitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Banggai selama ini, (2) upaya-upaya guru sejarah dalam menanamkan kesadaran sejarah dan sikap nasionalisme dalam pembeajaran sejarah di SMA Negeri 2 Banggai, dan (3) kendala-kendala guru sejarah dalam menanamkan kesadaran sejarah dan sikap nasionalisme di SMA Negeri 2 Banggai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan/nara sumber, tempat dan peristiwa/aktivitas, serta arsip dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bagian Kurikulum, 2 Guru sejarah, dan 6 siswa), observasi, dan dengan mencatat dokumen.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Guna mendapat validasi data dilakukan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif., yang dalam proses analisis terdiri dari komponen pokok reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) realitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Banggai menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), guru menyiapkan silabus, RPP, dan media sebelum pelaksanaan pembelajaran, menerapkan metode bervariasi: ceramah, diskusi, sosiodrama, menggunakan media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran, dan menerapkan penilaian berbasis kelas (2) Penanaman kesadaran sejarah dan sikap nasionalisme dalam pembelajaran sejarah sudah dilakukan melalui upaya: (a) pembelajaran sejarah dengan menerapkan metode bervariasi dan penggunaan media pembelajaran. (b) guru melakukan pendekatan kepada siswa agar tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak moral, (c) mengagajak siswa untuk menghayati arti penting dan makna sejarah untuk masa kini dan masa yang akan datang. (d) berkarya wisata, (e) melaksanakan PPBN, (f) merasa bangga sebagai bangsa Indonesia (3) Kendala-kendala guru dalam menanamkan kesadaran sejarah adalah: (a) faktor guru sejarah, (b) sikap siswa, (c) sarana dan prasarana pembelajaran, (d) pengaruh globalisasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesadaran sejarah, sikap nasionalisme, pembelajaran sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2016 02:58
Last Modified: 09 May 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32551

Actions (login required)

View Item View Item