PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEORI KERJA MESIN FRAIS BERBASIS FLASH PADA SISWA KELAS XI DI SMK PIRI SLEMAN

R DEDI, OKTAVIANUR (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEORI KERJA MESIN FRAIS BERBASIS FLASH PADA SISWA KELAS XI DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
R. Dedy Oktavianur - 08503244006.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEORI KERJA MESIN FRAIS BERBASIS FLASH PADA SISWA KELAS XI DI SMK PIRI SLEMAN oleh: R DEDI OKTAVIANUR NIM. 08503244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran teori kerja mesin frais dengan menggunakan media berbasis Flash; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif teori kerja mesin frais berbasis Flash. Langkah pengembangan media ini melalui lima tahap, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, dan testing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner/ angket. Responden adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan, SMK PIRI SLEMAN. Tahapan proses pembuatan media pembelajaran ini adalah yaitu: Studi Lapangan dan Literatur, Identifikasi Kebutuhan, Perumusan Tujuan, Perancangan Produk, Validasi Ahli Materi dan Media, Revisi 1, tanggapan responden dan revisi akhir. Hasilnya berupa media pembelajaran dengan enam menu utama yaitu: Pendahuluan, Mata Pisau dan Alat Bantu, Teknis Perhitungan, Proses Frais, Latihan Soal dan Tentang Kami. Media ini didokumentasikan dalam bentuk Compact Disk (CD) dengan besar file secara keseluruhan 120 MB dan dikemas dalam hard case bertuliskan Nama Media, Peruntukan Media, Isi Media, Identitas Pembuat, Nama Instansi Pembuat, Beberapa Gambar Tampilan Media, dan Software media yang digunakan.Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran berdasarkan skor penilaian kualitas produk ditinjau dari aspek pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik (Skala Likert dengan rerata 3,30), aspek substansi materi termasuk dalam kategori baik (Skala Likert dengan rerata 3,22), aspek tampilan termasuk dalam kategori baik (Skala Likert dengan rerata 3,16), aspek pemrograman dan komunikasi visual termasuk dalam kategori sangat baik (Skala Likert dengan rerata 3,33), Motivasi belajar termasuk dalam kategori sangat baik (Skala Likert dengan rerata 3,32). Secara keseluruhan persentase penilaian kelayakan media tanggapan responden dibandingkan dengan skor ideal adalah 76,44% dan termasuk termasuk dalam kategori sangat baik untuk layak digunakan di SMK Kata kunci: media, Flash, mesin Frais, kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 May 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32550

Actions (login required)

View Item View Item