Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah

Sartina, Sartina (2016) Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sartina-14719259003.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari :(1) motivasi belajar; (2) lingkungan sosial; dan (3) sikap belajar terhadap hasil belajar ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah; (4) mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi diSMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi dalam penelitian adalah 159 siswa kelas XII IPS Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah di Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yang ada, sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil uji analisis regresi mengunggapkan bahwa secara parsial maupun simultan motivasi belajar, lingkungan tempat tinggal, dan sikap belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Koefesien regresi masing-masing variabel secara parsial terhadap hasil belajar adalah : motivasi belajar sebesar 0,541, lingkungan sosial sebesar 0,112 dan sikap belajar sebesar 0,336, dan nilai koefisien regresinya(R2)sebesar 0,590,dapat diartikan bahwa 59 % dari hasil belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar secara bersama-sama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, Sikap Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 May 2016 02:51
Last Modified: 09 May 2019 07:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32548

Actions (login required)

View Item View Item