Sartina, Sartina (2016) Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, dan Sikap Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-sartina-14719259003.swf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari :(1) motivasi belajar; (2) lingkungan sosial; dan (3) sikap belajar terhadap hasil belajar ekonomi di SMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah; (4) mengetahui pengaruh motivasi belajar, lingkungan sosial dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi diSMA/MA Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Populasi dalam penelitian adalah 159 siswa kelas XII IPS Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah di Dampal Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Jumlah sampel sesuai dengan jumlah populasi yang ada, sehingga penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil uji analisis regresi mengunggapkan bahwa secara parsial maupun simultan motivasi belajar, lingkungan tempat tinggal, dan sikap belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Koefesien regresi masing-masing variabel secara parsial terhadap hasil belajar adalah : motivasi belajar sebesar 0,541, lingkungan sosial sebesar 0,112 dan sikap belajar sebesar 0,336, dan nilai koefisien regresinya(R2)sebesar 0,590,dapat diartikan bahwa 59 % dari hasil belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar, lingkungan sosial, dan sikap belajar secara bersama-sama
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial, Sikap Belajar, dan Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 11 May 2016 02:51 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |