LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Anisa Niti Rahayu, Anisa Niti Rahayu (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12518241038 - Anisa Niti Rahayu - PT. Mekatronika.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Kegiatan PPL UNY 2015 SMK PIRI 1 Yogyakarta diawali dari penerjunan pada tanggal 10 Agustus 2015 oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK PIRI 1 Yogyakarta Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, silabus, lembar informasi siswa, lembar kerja siswa, soal evaluasi dan administarasi guru yang lainnya. Mata diklat yang diampu oleh praktikan adalah Teknik Alat Ukur (TAU) kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Jumlah mengajar mahasiswa praktikan dari awal penerjunan sampai batas akhir tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015 adalah 5 pertemuan. Jadwal mengajar praktikan adalah setiap hari sabtu dengan 6 jam pelajaran dimulai jam 07.00 sampai 12.00 WIB. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 11 May 2016 01:30
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32534

Actions (login required)

View Item View Item