LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III

Adi Purwanto, Adi Purwanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) / MAGANG III. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
12503244023 - Adi Purwanto - PT. Mesin.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 di SMK PIRI 1 Yogyakarta yang terletak di Jalan Kemuning Nomor 14, Baciro, Yogyakarta. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas agar mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberikan kesempatan dan kebebasan penuh terhadap mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) , Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soalsoal ketugasan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 1 kali tatap muka per minggu selama 5 minggu. Mahasiswa praktikan mengampu 1 kelas yaitu kelas XII TP 2 dengan Materi Pokok Program NC-CNC dasar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK PIRI 1 Yogyakarta ini dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar ( KBM ) . Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 11 May 2016 01:25
Last Modified: 11 May 2016 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32531

Actions (login required)

View Item View Item