PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DAN GOBAK SODOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TKIT SALSABILA 5 PURWOREJO

Leli Prastiwi, Leli (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DAN GOBAK SODOR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TKIT SALSABILA 5 PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif permainan tradisional engklek dan gobak sodor terhadap kemampuan motorik kasar anak TKIT Salsabila 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik TKIT Salsabila 5 Purworejo yang berjumlah 32 peserta dan sampelnya berjumlah 15 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes DDST II (Denver Development Screening Test) yang mengadopsi dari penelitian yang telah dilakukan oleh Sdr. Fitra Iswahyudi dengan tingkat validitas 0,87 dan reliabilitasnya 0,93. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hasil penelitian adalah uji-t (paired sample t-test). Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran permainan tradisional Engklek, (2) terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran permainan tradisional Gobak Sodor, (3) tidak terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar peserta didik antara yang diberi perlakuan permainan tradisional Engklek dengan permainan tradisional Gobak Sodor.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, motorik kasar, engklek, gobak sodor
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 May 2016 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32508

Actions (login required)

View Item View Item