KESIAPAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SELAKU PROGRM KEAHLIAN BARU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA DI SMK N 2 DEPOK

Maharliarga, Qodria Nugrah (2014) KESIAPAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SELAKU PROGRM KEAHLIAN BARU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN SARANA PRASARANA DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Qodria Nugrah Maharliarga 10504241014.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan program keahlian Teknik Kendaraan Ringan selaku program keahlian baru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMK N 2 Depok yang meliputi perangkat pembelajaran, dan sarana prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru produktif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Depok yang berjumlah 10 (sepuluh) orang dan sarana prasarana yang di gunakan sebagai penunjang proses pembelajaran. pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (ExpertJudgement) dan di uji di SMK N 2 Yogyakarta dengan beberapa asumsi ditinjau dari perbandingan kualitas yang hampir sama dengan SMK N 2 Depok serta analisis butir instrumen menggunakan korelasi Product Moment dari Karl Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) perangkat pembelajaran yang dilakukan guru termasuk dalam kategori sangat baik (rerata pencapaian skor : 66,3 dari rentan skor X>61,2), ditunjang dengan penilaian dokumentasi perangkat pembelajaran dengan kateori sangat baik (rerata pencapaian skor 47,5 dari retan skor X>44,2). Hasil tersebut menunjukkan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru sesuai dengan aturan kurikulum 2013. (2) kesiapan sarana prasarana program keahlian TKR termasuk kedalam kategori baik (rerata pencapaian skor : 61,42 dari rentan skor 52,25 s/d 61,7). Hasil tersebut menunjukkan kesiapan sarana prasarana program keahlian TKR sesuai dengan aturan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Perangkat pembelajaran, Sarana prasarana, Kurikulum 2013, Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 May 2016 07:35
Last Modified: 05 Mar 2019 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32505

Actions (login required)

View Item View Item