“PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP KOMPETENSI MENJAHIT BLUS SISWA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA”

Putri, Widiasari (2016) “PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP KOMPETENSI MENJAHIT BLUS SISWA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA”. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Putri Widiasari 12513247005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

“PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP KOMPETENSI MENJAHIT BLUS SISWA KELAS X DI MAN GODEAN YOGYAKARTA” Oleh: Putri Widiasari NIM. 12513247005 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kompetensi menjahit blus pada siswa kelas X di MAN Godean Yogyakarta tanpa pemberian reward and punishment (kelas kontrol) (2) Mengetahui kompetensi menjahit blus pada siswa kelas X di MAN Godean Yogyakarta dengan pemberian reward and punishment (kelas eksperimen) dan (3) Mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment terhadap kompetensi menjahit blus pada siswa kelas X di MAN Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain post-test only design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X KHM Busana MAN Godean Yogyakarta sebanyak 33 siswa. Pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling dengan undian diperoleh sample sebanyak 23 siswa dimana sample yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas KHM Busana II sebagai kelas kontrol dan KHM Busana III sebagai kelas eksperimen. Uji coba instrumen dilakukan pada 20 siswa yang bukan merupakan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan: 1)Kompetensi menjahit blus siswa kelas kontrol di MAN Godean Yogyakarta masuk dalam kategori tidak tuntas. Terdapat 6 siswa (54,5%) belum tuntas dan 5 siswa (45,5%) tuntas. Hal ini tidak bisa dikatakan masuk dalam kategori tuntas karena kompetensi dinyatakan tuntas apabila lebih dari 75 persen (>75%) siswa tuntas. 2) kompetensi menjahit blus siswa kelas eksperimen di MAN Godean Yogyakarta masuk dalam kategori tuntas. Terdapat 10 siswa (83,3%) tuntas dan 2 siswa (16,7%) belum tuntas. Kelas eksperimen masuk dalam kategori tuntas karena jumlah siswa yang tuntas lebih dari 75 persen (>75%). 3) Terdapat pengaruh pemberian reward and punishment terhadap kompetensi menjahit blus pada kelas eksperimen di MAN Godean Yogyakarta, ini ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh dari hasil independent sample t-test yaitu nilai t-hitung sebesar 2,470 lebih besar dari nilai t-tabel 2,080 (2,470>2080) dengan signifikansi sebesar 0,023. Kata kunci : pengaruh, reward and punishment, kompetensi menjahit blus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 May 2016 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32497

Actions (login required)

View Item View Item