MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MENGUBAH POLA BLUS PADA SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH

Putri, Kusuma Ningrum (2016) MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MENGUBAH POLA BLUS PADA SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, FakultasTeknik.

[img]
Preview
Text
Putri Kusuma Ningrum 08513244015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MENGUBAH POLA BLUS PADA SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH Oleh: Putri Kusuma Ningrum NIM. 08513244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media video pembelajaran dalam proses belajar mengubah pola blus pada mata pelajaran konstruksi pola busana wanita siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Pengasih, 2) meningkatan kompetensi belajar mengubah pola blus pada mata pelajaran konstruksi pola busana wanita siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Pengasih melalui model pembelajaran kontekstual dengan media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup tiga komponen penelitian, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media video pembelajaran. Adapun penerapan prinsip pada model pembelajaran kontekstual meliputi,1) kontruktivisme, 2) inquiry, 3) questioning, 4) learning community, 5) modelling, 6) reflection, 7) authentic assessment. Subjek sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI busana butik di SMK Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas. Instrument penelitian yang di validasi meliputi lembar observasi, lembar unjuk kerja, tes tertulis dan dokumentasi.Uji reliabilitas menggunakan analisis deskriptif dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media video pada kompetensi belajar mengubah pola blus pada mata pelajaran konstruksi pola busana wanita pada siklus I sebesar 88,89% dan siklus II 100% maka dapat dikategorikan pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media video pada siklus I dan siklus II telah terlaksana dengan sangat baik, 2) peningkatan kompetensi belajar mengubah pola blus pada mata pelajaran konstruksi pola busana wanita melalui model pembelajaran kontekstual dengan media video pembelajaran dapat dilihat pada siklus I mengalami peningkatan kompetensi dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 27 siswa (84,4%). Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan kompetensi yakni dengan jumlah siswa yang tuntas sebesar 32 siswa (100%). Dengan demikian model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa kelas XI busana butik SMK N 1 Pengasih. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, media video, dan kompetensi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 May 2016 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32494

Actions (login required)

View Item View Item