LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA

Fandi Galang Wicaksana, Fandi Galang Wicaksana (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12818244001- FANDI GALANG WICAKSANA - P.AKUNTANSI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL merupakan salah satu mata kuliah yang sifatnya wajib untuk ditempuh oleh mahasiswa program S1 kependidikan dengan bobot mata kuliah 3 sks. Adanya PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang nyata bagi mahasiswa berlatih menjadi guru dengan mengajar di dalam kelas yang sesungguhnya. Pada periode PPL tahun 2015 ini, pelaksanaan PPL dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 dan berlokasi di SMK Negeri 7 Yogyakarta. SMK Negeri 7 Yogyakarta berlokasi di Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta. Program keahlian yang ada di SMK N 7 Yogyakarta yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Multimedia, Usaha Perjalanan Wisata dan Pemasaran. Pelaksanaan PPL pada periode ini minimal jam yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah 128 jam. Program atau kegiatan yang dilakukan selama PPL oleh mahasiswa meliputi dua macam yaitu program mengajar dan program non mengajar. Program mengajar terdiri dari observasi kelas, administrasi pembelajaran, dan praktik mengajar terbimbing. Sedangkan program non mengajar seperti mengikuti upacara bendera, piket lobby, piket perpustakaan, kerja bakti sekolah, dan penarikan PPL. Untuk program mengajar terbimbing sendiri, dalam pelaksanaannya dilakukan dengan mengajar satu kelas yaitu kelas XI Akuntansi 3 dengan mata pelajaran Spreadsheet Akuntansi. Kegiatan mengajar ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan dengan praktek mengerjakan soal secara langsung dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Evaluasi dan penilaian kinerja tiap siswa dilihat dari hasil pekerjaannya berupa pengelolaan dokumen transaksi menggunakan aplikasi Excel. SMK Negeri 7 Yogyakarta sendiri menetapkan nilai KKM untuk Kompetensi Pengolahan Data Menggunakan Spreadsheet yaitu 75. Ketercapaian pelaksanaan PPL di SMK Negeri 7 Yogyakarta terbagi menjadi dua yaitu ketercapaian program mengajar dan program non mengajar. Jumlah jam program mengajar yang tercapai selama PPL yaitu 96 jam sedangkan jumlah jam non mengajar yaitu sejumlah 82,5 jam. Jadi, selama pelaksanaan PPL di SMK Negeri 7 Yogyakarta jumlah jam yang tercapai yaitu sejumlah 178,5 jam. Jika dipersentasekan maka jumlah jam mengajar sebesar 53,78 % sedangkan jumlah jam non mengajar sebesar 46,22 %.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL SMK Negeri 7 Yogyakarta,, Program Mengajar, Program Non Mengajar, Ketercapaian Jumlah Jam PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2016 06:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item View Item