LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta

SisiliaAyuDewanti, SisiliaAyuDewanti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12803244052 - SISILIA AYU DEWANTI - P. AKUNTANSI.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana praktik bagi mahasiswa dilapangan dalam upaya pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional dengan memberikan pengalaman kepada calon pendidik mengenai pengimplementasian ilmu yang telah dikuasai dalam pratik keguruan yang sesungguhnya di lapangan. Prakt ik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa sekaligus menjadi motivasi untuk terus mengaktualisasi diri dan mengabdi di dunia pendidikan agar mampu mewujudkan dunia pendidikan yang berkualitas di masa depan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 15 Juli 2013 sampai dengan 17 September 2013, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kela yang diampu oleh guru pembimbing dengan mengembangkan proses pembelajaran yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari dibangku kuliah dengan penuh tanggung jawab Kegiatan PPL merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari observasi kelas, serta proses pengidentifikasian lingkungan belajar dan karakteristik peserta didik, koordinasi dengan pihak terkait antara lain, Koordinator KKN-PPL SMK N 7 Yogyakarta dan guru pembimbing,penyusunan silabus dan RPP, serta pelaksanaan proses pembelajaran selama kurang lebih 5 minggu dengan penyampaian dua kompetensi Dasar bagi kelas XI dan kelas XII. Bagi kelas XI Kompetensi Dasar yang telah disampaikan adalah Menyiapkan pengelolaan dan penghitungan dan pemotongan pajak penghasilan dan Menyiapkan dokumen vii transaksi pemungutan dan pemotongan pajak penghasilan, sedangkan bagi kelas XII Kompetensi Dasar yang telah disampaikan adalah Menyiapkan pengelolaan dan penghitungan PPN dan PPnBM . Program Kegiatan Program kegiatan PPL UNY dibagi menjadi 2 yaitu kegiatan mengajar dan non mengajar , kegiatan mengajar terdiri dari observasi kelas , mengajar terbimbing ( konsultasi , pengumpulan materi , membuat RPP , menyiapkan media , menyusun materi , pendalaman materi ajar ) , praktik mengajar dikelas , membantu guru mengajar , penilaian dan evaluasi . sedangkan kegiatan non mengajar terdiri dari tadarus dan menyanyikan lagu wajib , jumat sehat , piket sekolah ( piket loby dan perpustakan ) , upacara sekolah , upacara hari khusus , upacara 17 an Ketercapaian kegiatan selama PPL di SMKN 7 Yogyakarta sesuai rencana terlaksana 161 jam sedangkan pelaksanaan tercapai 176 jam. Program yang terlaksana sangat memuaskan dan berhasil .terlaksananya kegiatan PPL ini banyak memberi pengalaman kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat menganmbil hikmah yang nantinya akan bermanfaat di dunia kerja yang akan ditempuh di kemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2016 06:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item View Item