LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta

Riqi Astuti, Riqi Astuti (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA Jalan Gowongan Kidul JT III/416 Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
12803241029 - RIQI ASTUTI - P.AKUNTANSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksnakan oleh UNY merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat, dimana melalui program ini mahasiswa di beri kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan warga sekolah serta bertanggungjawab atas pelaksanaan program kerja yang bermanfaat bagi warga sekolah sehingga dapat menjadi refensi dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dimiliki agar bermanfaat dan dapat diterima masyarakat. PPL diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan calon guru yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 yang berlokasi di SMK Negeri 7 Yogyakarta terbagi dalam kegiatan persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan terdiri dari pembekalan melalui pengajaran micro, Observasi Proses Pembelajaran dan Pembekalan Pelaksanaan PPL. Sedangkan kegiatan pelaksanaan PPL terbagi dalam dua jenis kegiatan, yakni kegiatan mengajar dan kegiatan non mengajar. Mahasiswa mengajar mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi (MYOB) untuk kelas XII dengan rincian kegiatan 1) Persiapan yang terdiri dari a) Konsultasi, b) Mengumpulkan Materi Pembelajaran, c) Membuat RPP, d) Menyusun Materi, e) Menyiapkan Media, dan f) Pendalaman Materi, 2) Praktik Mengajar Terbimbing di Kelas, dan 3) Membantu Mengajar Guru Pembimbing. Selain melaksanakan kegiatan mengajar, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan non mengajar yang terdiri dari 1) Mengikuti kegiatan rutin sekolah berupa a) Tadarus pagi dan menyanyikan lagu kebangsaan, b) Jum’at Sehat, 2) Piket Sekolah, 3) Koordinasi mahasiswa PPL. Mahasiswa juga mengikuti kegiatan sekolah berupa 1) Upacara Bendera Hari Senin, 2) Upacara Bendera Hari Khusus, 3) Peringatan 17 Agustus. Adapun hasil dari kegiatan pelaksanaan PPL di SMK Negeri 7 Yogyakarta, mahasiswa melaksanakan kegiatan praktik mengajar terbimbing untuk mata pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi (MYOB) sebanyak delapan kali tatap muka, dengan alokasi waktu setiap tatap muka 4 x 45 menit. Selain melaksanakan kegiatan praktik mengajar terbimbing, mahasiswa juga mengikuti guru pembimbing mengajar sebanyak empat kali tatap muka, dengan alokasi waktu setiap tatap muka 4 x 45 menit. Adapun total jam PPL yang terlaksana yaitu 169 jam, yang terdiri dari 1) jumlah jam mengajar terbimbing 90,5 jam, 2) jumlah jam non mengajar 63,5 jam, 3) jumlah jam mengikuti kegiatan sekolah 8 jam serta 4) jumlah jam penarikan mahasiswa PPL dan pembuatan laporan PPL 7 jam. Jika ditinjau dari presentase pembagian jam program kegiatan, maka kegiatan mengajar sebanyak 53,55% selebihnya digunakan untuk program kegiatan non mengajar, mengikuti kegiatan sekolah dan penyelesaian pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, PPL, UNY, SMK, Akuntansi, MYOB.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2016 06:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32489

Actions (login required)

View Item View Item