LAPORANINDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Basir Ahmad Ridwan, Basir Ahmad Ridwan LAPORANINDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Basir Ahmad Ridwan_12202244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa prodi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan diadakannya serangkaian kegiatan PPL di sekolah merupakan sebuah usaha pembaharuan dan peningkatan di bidang keguruan untuk mendukung kompetensi calon guru yang profesional. Di samping itu program PPL diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa calon guru sehingga lebih siap dan tangguh dalam penyeleseian berbagai permasalahan kependidikan, serta bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat sekolah. Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa praktikan harus menempuh serangkaian prosedur yang berlaku terlebih dahulu, yaitu: harus lulus mata kuliah wajib Micro Teaching (Pengajaran Mikro), observasi kelas, observasi lingkungan sekolah, serta mengikuti pembekalan yang diadakan jurusan masing-masing mahasiswa. Sedangkan tahap akhir dari kegiatan PPL merupakan penyusunan Laporan Kegiatan PPL. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 12 September 2015. Dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa praktikan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Program mengajar menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, dan juga praktik. Hasil dari kegiatan PPL, yaitu praktik mengajar sebanyak minimal 6 kali tatap muka. Dalam hal ini praktikan memperoleh kesempatan mengajar di kelas X TKJ dan X Akuntansi. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar yaitu pengelolaan kelas karena sebagian siswa sulit dikondisikan. Akan tetapi praktikan selalu berusaha mengatasi agar kegiatan PPL tetap terlaksana dengan baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, dan disiplin, akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL UNY 2015 ini diharapkan dapat terciptanya tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas. Kata Kunci: PPL, siswa, SMK, TKJ, Akuntansi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2016 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32480

Actions (login required)

View Item View Item