IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Mifta, Dyah Rosmala (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MiftaDyahRosmala 11520241057 Belum.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 6 PURWOREJO Oleh: Mifta Dyah Rosmala ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match dalam (1) peningkatan partisipasi siswa dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan multimedia di kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia semester genap tahun akademik 2014/2015 sejumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilaksanakan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi partisipasi siswa, lembar evaluasi hasil belajar siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran make a match dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas X Multimedia pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan Multimedia. Pada pertemuan pertama siklus I, rata-rata persentase sub indikator partisipasi siswa sebesar 62.50%, meningkat pada pertemuan kedua menjadi 71.15%. Pada pertemuan pertama siklus II, meningkat menjadi 77.88% dan kembali meningkat pada pertemuan kedua menjadi 83.65%. Rata-rata sub indikator partisipasi siswa pada siklus I mencapai 65.50% dan meningkat pada siklus II menjadi 80.77%. Peningkatan rata-rata sub indikator siklus I ke siklus II adalah 15.27% diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut dilihat dari kenaikan persentase jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak minimal 75% dari jumlah total siswa. Dari hasil pre-test, hanya 10 siswa atau 31.25% yang mencapai KKM. Pada siklus I jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 62.50%. Dan pada siklus II, meningkat menjadi 26 siswa atau sebanyak 81.25%. Kata kunci: make a match, partisipasi, hasil belajar, kompetensi kejuruan multimedia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 May 2016 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32478

Actions (login required)

View Item View Item